Tips Cara Merawat dan Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor

Posted on Updated on


Cara Merawat dan Menghilangkan Karat

Sebelum membahas Tips Cara Merawat dan Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor, ada baiknya kita perhatikan dampak atau kerugian yang terjadi apabila rantai motor dibiarkan berkarat.

Dampak atau kerugian rantai berkarat

Rantai merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan, terutama kendaraan roda dua seperti sepeda ataupun motor, dampak karat sangatlah besar. Karena apabila rantai sudah terkena karat dan dibiarkan karat tersebut, maka karat akan menyebar menutupi lapisan pada rantai, dan apabila itu terjadi maka dapat mengakibatkan rantai keropos akibat korosi dan akibatnya dapat menyebabkan rantai terputus dan tentunya sangat berbahaya apabila rantai tersebut terputus pada saat kita sedang mengendarai kendaraan itu. Sebelum terjadi hal buruk tersebut ada baiknya kita untuk selalu merawat dan menjaga agar rantai tidak mengalami karat, akan tetapi apabila sudah terlanjur terkena karat kita dapat menghilangkan karat tersebut dengan cairan anti karat yang memiliki kemampuan menghilangkan karat.

Cara Merawat dan Menghilangkan Karat

Kita sudah berbicara tentang dampak yang diakibatkan oleh karat apabila sudah menyerang rantai kendaraan terutama kendaraan bermotor, kita sudah tau berapa pentingnya untuk merawat karat agar tidak sampai menyebabkan rantai keropos bahkan sampai terputus. Hal hal yang harus dilakukan untuk merawat dan menghilangkan karat agar tidak sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Merawat Rantai agar tidak berkarat

Merawat rantai agar tidak mengalami karat dapat dilakukan dengan cara melumasi rantai dengan cairan anti karat, akan tetapi saat menggunakan cairan anti karat tersebut kita salah dalam penggunaan atau salah pada saat melumasinya. sepeda motor dengan rantai memiliki gear depan dan juga gear belakang.
Kebanyak orang pada saat melumasi rantai dengan cairan anti karat dengan menyemprot dari belakang gear, hal itu tidaklah tepat. Cara yang benar untuk melakukan penyemprotan anti karat dengan baik ialah dengan cara menyemprotkan atau melumasi langsung pada rantainya, karena apabila kita melumasinya dengan menyemprotkan hanya pada gear belakang akan sangat tidak efektif karena cairan tersebut akan tertahan oleh gear, ketika roda berputar maka pelumas akan muncrat semua dan tidak melumasi rantai, oleh karenanya saya tekankan lagi apabila saat melumasi rantai dengan cairan antic karat, lumasi lah langsung pada rantainya jangan di gear belakang.

Menghilangkan Karat

Apabila rantai kita sudah terlanjur mengalami atau terkena karat, kita dapat menghilangkan karat tersebut dengan menggunakan cairan anti karat yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan karat. Memang tidak semua cairan anti karat dapat menghilangkan karat, oleh karena itu kita harus pandai dalam memilih cairan anti karat, salah satu produk cairan anti karat yang memiliki kemampuan untuk dapat menghilangkan karat ialah produk Rexco. Rexco memiliki kelebihan selain untuk merawat rantai agar tidak terkena karat, produk rexco juga mampu untuk dapat menghilangkan karat yang sudah terlanjur menempel pada rantai. Untuk lebih lengkap tentang produk rexco, anda dapat melihat atau membaca artikel ini “Mengapa Saya Memilih Rexco Dibandingkan Merk Lain? Ini Alasannya.

Untuk cara menyemprotkannya kurang lebih sama seperti cara merawat rantai yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila teman teman memiliki tips lain dalam merawat dan menghilangkan rantai motor bisa dishare melalui kolam komentar, terima kasih.😉

Baca Juga : Memilih Cairan Anti Karat Untuk Membantu Memperpanjang Umur Rantai Motor

One thought on “Tips Cara Merawat dan Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor

    […] Baca Juga : Tips Cara Merawat dan Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s