Efek Samping Bahaya Rokok Elektrik

Posted on Updated on


bahaya rokok elektrik

Efek Samping Bahaya Rokok Elektrik. Rokok elektrik ( e-cigarette )merupakan rokok yang digunakan menggunakan baterai dan tanpa menggunakan (membakar) tembakau seperti rokok biasa pada umumnya. Rokok elektrik ini telah di kembangkan di Tiongkok, kemudian diperkenalkan pada tahun 2004. Rokok elektrik memiliki bentuk dan juga ukuran yang beraneka ragam, tapi pada umumnya rokok elektrik memiliki ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan rokok biasa. Ada pula beberapa yang bentuknya menyerupai cerutu atau bentuk pipa rokok.

Cara Kerja Rokok Elektrik

Cara kerja rokok elektrik yaitu dengan di isap oleh pengguna melalui mulutnya, kemudian aliran udara yang mengalir dari mulut pengguna (penghisap) akan menyalakan sebuah sensor yang akan memicu bekerjanya pemanas kecil yang bertenaga baterai.

Setalah itu pemanas kecil akan menguapkan nikotin cair sintesis yang terdapat di dalam wadah dan juga sekaligus mengaktifkan cahaya yang menyala pada ujung rokok elektrik sehingga mirip seperti halnya rokok normal pada umumnya. Pemanas pada rokok elektrik juga ikut menguapkan propylene glycol ( PEG ) yang berfungsi untuk mengeluarkan asap pada rokok elektrik.

cara kerja rokok elektrik

Efek Samping Rokok Elektrik

Tentang efek samping rokok elektrik, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat telah merilis data yang bersumber dari hasil 18 penelitian tentang rokok elektrik. Dampak negatif yang dihasilkan oleh nikotin cair sintesis yang terdapat didalam rokok elektrik ternyata dapat membuat paru – paru bisa teriritasi. Karena saat rokok elektrik di hisap, cairan tersebut akan berubah menjadi carbonyl yang dapat mengakibatkan kanker.

Sekarang ini, rokok elektrik juga sudah memiliki fitur suhu dan sehingga kita pengguna dapat mengatur kadar nikotin. Namun, semakin tinggi pengaturan suhu, maka akan semakin banyak pula carbonyl yang dihasilkan atau diproduksi. dan juga jumlah formaldehida yang dihasilkan kan menyamai seperti halnya rokok biasa. Padahal formaldehida dapat membahayakan paru-paru.Selain itu asap buatan yang dihasilkan oleh rokok elektrik tersebut juga dapat menimbulkan aerosol yang diketahui sangat berisiko untuk kesehatan paru – paru.

efek samping rokok elektrik

Kandungan dari Nikotin cair sintesis pada rokok elektrik juga terdapat perasa buatan serta pengawet makanan. Bahan-bahan tersebut memang aman jika di konsumsi secara biasanya, akan tetapi berbeda apabila di hisap. Selain itu Bakteri penyebab pneumonia juga akan semakin kebal seiring dengan Anda mengisap rokok elektrik.

 

 

Sumber : meetdoctor.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s