Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

Posted on Updated on


Manfaat-kolang-kaling-bagi-kesehatan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Kolang-Kaling bagi Kesehatan, semoga artikel dibawah ini bermanfaat bagi kita semua.

Mungkin kita selama ini hanya mengenal bahwa buah kolang-kaling itu rasanya enak jika dijadikan pada campuran es buah atau dibuat manisan kolang-kaling. Buah yang identik ada pada saat bulan puasa ini ternyata merupakan salah satu makanan kesehatan yang dapat memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kesehatan.

Kolang-kaling merupakan buah berwarna putih transparan yang memiliki tekstur yang dan memiliki bentuk yang lonjong. buah ini merupakan buah dari pohon aren (Arena Pinnata).

Buah ini memiliki kadar air yang lumayan tinggi bahkan mencapai 93,8%. Selain kadar air yang tinggi,  setiap biji kolang – kaling mengandung kurang lebih sekitar 0,69 gram protein, 0,95 gram serat kasar dan 4 gram karbohidrat. Kolang-kaling juga mengandung zat besi, potasium, kalsium, gelatin, vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C.

Gambar-Manfaat-Kolang-Kaling

Berikut ini adalah beberapa manfaat kolang kaling bagi tubuh manusia:

  • Sebagai obat gatal-gatal. Getah yang terdapat dari pohon aren memiliki khasiat untuk mengobati gatal – gatal. Caranya yaitu dengan membalurkan getahnya pada biji kolang-kaling sebelum biji tersebut dibakar saat proses pembuatan, bahan ini sangat ampuh sebagai obat penyakit gatal-gatal.
  • Sebagai obat radang sendi. Kolang-kaling memiliki kandungan galaktomanan yang bermanfaat dapat meredakan penyakit radang sendi. Cara bagi pengobatan radang sendi, yaitu dengan memakan kolang-kaling sebanyak 100-200 gram sehari. Sebelum dimakan sebaiknya buah kolang-kaling tersebut direbus dan tanpa menggunakan gula serta pewarna.
  • Memiliki Manfaat untuk memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis. Setiap 100 gram buah kolang kaling, terdapat kalsium kurang lebih 91 miligram. Kandungan yang dimilikinya ini cukup tinggi dan juga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, terutama bagi yang memiliki alergi terhadap susu.
  • Untuk memperlancar pencernaan. Buah Kolang – kaling memiliki kandungan serat kasar yang  baik untuk memperlancar proses pada pencernaan. dan juga, kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya dapat membantu memberikan rasa kenyang serta energi. Buah Kolang-kaling sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani proses diet sehat.

 

Makanan Kesehatan

Mungkin cukup sekian dulu artikel manfaat kolang – kaling bagi kesehatan. sampai ketemu dengan ilmutambah pada artikel – artikel menarik lainnya. ^_^

 

 

sumber kutipan: majalahkesehatan.com

 

Baca juga : Tentang Suplemen Makanan

 

Artikel ini juga dikunjungi dengan kata kunci :

Manfaat Kolang-Kaling, Suplemen Makanan, Makanan Kesehatan, Kolang – Kaling Bagi Kesehatan, Tentang Suplemen Makanan

One thought on “Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

    Telinga Sumbat said:
    Desember 18, 2014 pukul 7:44 am

    Yang saya masih bingung itu massa panen kolang kaling apa tiap hari ya? Soalnya tiap hari itu selalu jadi konsumsi yang lumayan sering. Gimana pendapatnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s