Inilah Kenapa Kucing Lebih Jinak dari Anjing

Posted on Updated on


kucing dan anjign
kucing dan anjing

Inilah Kenapa Kucing Lebih Jinak dari Anjing

Kenapa kucing lebih jinak dari anjing? Menurut penelitian, kucing dan manusia telah hidup secara berdampingan sejak 9000 tahun yang lalu. Sebuah penelitian dari genom kucing yang dilakukan oleh University School of Medichine, St Louis telah menunjukkan bahwa domestikasi kucing lebih cepat dari pada anjing.

Domestikasi itu sendiri mengartikan tentang pengadopsian hewan atau tumbuhan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan manusia. Dalam arti yang sederhana, domestikasi merupakan proses “penjinakan” yang dilakukan terhadap hewan liar.

Laporan yang telah dituliskan di Prosiding National Academy of Sciences Early Edition yaitu pada awal November yang lalu, telah mengungkapkan bahwa kucing telah memiliki sejarah yang relatif baru dibandingkan dengan domestikasi taring anjing dari serigala sejak 30 ribu tahun lalu.

“Kucing itu berbeda dengan anjing karena hanya semi domesticated (semi jinak)”, seperti yang ditulis Wes Warren PhD, Profesor Genetika The Genome Institue Washington University, dalam sebuah laporannya.

Laporan tersebut ditulis, berdasarkan dari hasil penelitian terhadap genom kucing domestik serta beberapa dari kucing liar yang memiliki hubungan kerabat. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bukti DNA domestikasi kucing memanglah sangat kuat.

Beberapa ilmuwan menemukan perubahan dalam sebuah gen kucing domestik dan menunjukkan bahwa memori, kesenangan, ketakutan merupakan proses yang paling besar mempengaruhi proses domestikasi kucing menjadi lebih cepat, seperti dilansir dari Machineslikeus, Kamis (4/12/2014).

“Manusia juga banyak memanfaatkan kucing, seperti untuk pengendalian terhadap hama tikus yang mencuri hasil gandum warga. Sehingga hipotesis jinaknya kucing, karena manusia sering kali memberikan hadiah berupa makanan atas jasa yang di lakukan kucing,” tegas Warren menambahkan.

Dari hasil penelitian ini dapat diartikan, bahwa kucing akan lebih memilih untuk hidup atau tinggal dengan manusia dari pada harus hidup di alam liar. Sehingga Seiring berjalannya waktu, kini manusia lebih suka untuk memilihara dan menjaga kucing karena kucing lebih jinak.

 

Mungkin cukup dulu artikel tentang “Kenapa kucing lebih jinak dari anjing“. tunggu artikel yang bermanfaat lainnya dari ilmutambah. ^_^

 

 

Baca Juga: memilih suplemen makanan yang tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s