pengenalan HTML

Posted on Updated on


tutorial ini ditunjukkan untuk orang-orang yang belum mengerti sama sekali tentang HTML,jadi untuk para master khususnya didunia website yang mampir untuk membaca artikel ini,harap dimaklum kalau artikelnya dasar banget.soalnya ane juga masih newbie yang ingin berbagi dan sebagai pengingat bagi ane klo lagi lupa…hehehe

Dalam pengembangan web, pertama yang harus dikuasai adalah mengerti akan bahasa (script) web yaitu HTML (Hyper Text Markup Language).

HTML adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna.

HTML ini bisa dibuat menggunakan text editor yang sederhana seperti notepad, wordpad atau text editor lain. Karena pada intinya dalam membuat file HTML, kode-kode yang telah kita buat berdasarkan struktur HTML, selanjutnya adalah kita perlu men-save file yang ada ke dalam bentuk format file .(dot)html atau .(dot)htm.

Tapi program atau software yang dibuat khusus untuk membuat web / HTML ada berbagai jenis. Nah, yang paling sering digunakan misalnya : Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver dan lain-lain. Yang kedua itu merupakan hasil dari produsen vendor IT yang terkemuka. Sebenarnya masih banyak lagi yang lain dengan menawarkan

fasilitas atau fungsi yang berbeda-beda. Program atau software yang dibuat khusus untuk membuat web tersebut memang memberikan kemudahan dibanding kita menggunakan text editor biasa dengan konsekuensi bahwa kita harus mengetik kode-kode yang ada untuk menghasilkan bentuk format suatu tampilan yang diinginkan. Sementara dengan menggunakan program atau software tersebut diberi kemudahan tinggal klik sana klik sini.

tapi untuk tutorial yang saya bahas nanti kita hanya perlu menggunakan software text editor sederhana dan web browser disini saya menggunakan firefox.

Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti
b, i, u dan sebagainya.

mungkin cukup dulu yah kenalan sama htmlnya,insyaallah nanti akan dilanjutkan .

One thought on “pengenalan HTML

    mengenal HTML lebih jauh « Ilmutambah Blog said:
    Oktober 27, 2011 pukul 2:10 am

    […] 27, 2011 by ilmutambah hari ini gw mau menebus janji gw pada postingan yang sebelumnya,yaitu pengenalan HTML. seperti judulnya, kali ini gw akan mengenalkan HTML lebih jauh, oke langsung aje yah kita […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s