Menginstall Git di Linux

Posted on Updated on


halo semuanya…!!!
kali ini gw mau ngasih info tentang cara instalasi GIT dilinux,ini adalah lanjutan dari artikel gw sebelumnya,bagi yang belum tau tentang Git lebih baik baca artikel gw yang sebelumya,yaitu Mengenal GIT.

bagi yang udah mengenal Git ,langsung aja yah kita mulai tahap instalasinya,

karena gw menggunakan Linux BlankOn, maka installasinya adalah sebagai berikut.

pertama buka dulu terminal, kemudian ketikkan perintah ini.

$ apt-get install git-core

Setup Git Untuk Pertama Kalinya

Sekarang anda telah memiliki Git pada sistem anda, berikutnya anda akan harus melakukan beberapa penyesuai pada lingkungan Git anda. Anda hanya perlu melakukan hal ini sekali saja; pada saat memperbaharui versi Git anda, penyesuai tidak perlu dilakukan lagi. Anda pun dapat mengubah penyesuaian tersebut setiap saat.

Pada Git terdapat sebuah perkakas yang disebut dengan git config yang memungkinkan anda untuk memperoleh informasi dan menetapkan variable konfigurasi yang mengontrol segala aspek bagaimana Git beroperasi dan berperilaku. Variable-variable ini dapat disimpan pada tiga tempat berbeda:

/etc/gitconfig file: Menyimpan berbagai nilai-nilai variable untuk setiap pengguna pada sistem dan semua repositori milik para pengguna tersebut. Jika anda memberikan opsi –system pada git config, maka Git akan membaca dan menulis file konfigurasi ini secara spesifik.
~/.gitconfig file: Spesifik hanya untuk pengguna yang bersangkutan. Anda dapat membuat Git membaca dan menulis pada berkas ini secara spesifik dengan memberikan opsi –global.
config file pada direktori git (yaitu, .git/config) atau reposotori manapun yang sedang anda gunakan: Spesifik hanya pada repositori itu saja. Setiap nilai pada setiap tingkat akan selalu menimpa nilai yang telah ditetapkan pada level sebelumnya, jadi nilai yang telah di-set pada .git/config akan menimpa nilai yang telah di-set pada /etc/gitconfig.
Identitas Anda
Identitas Anda
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika menginstalkan Git adalah mengatur username dan alamat e-mail anda. Hal ini penting karena setiap commit pada Git akan menggunakan informasi ini, dan informasi ini akan selamanya disimpan dengan commit yang anda buat tersebut:

$ git config --global user.name "Jmuamar angga" 
 $ git config --global user.email anggamuamar@example.com

angga,diganti dengan nama anda, kemudian anggamuamar@example.com diganti dengan email anda.

oke,udah dulu yah tentang instalasi Git nya,nanti pasti akan gw posting terus kok info-info tentang Git,mungkin bukan artikel yang selanjutnya,karena artikel selanjutnya gw ingin ngebahas tentang python..
soalnya gw ada tugas buat ngepost materi tentang python sama pak bos gw(yang udah ngajarin gw pelatihan python)..
udah dulu yah,bye.bye… ^_^

sumber : http://progit.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s