mengenal GIT

Posted on Updated on


halohaaa semuanya,baik yang masih muda,remaja,dewasa maupun tua semoga kalian semua lagi dalam keadaan baik-baik saja,syukur-syukur lagi dalam kebahagian. amin…šŸ˜€

malam ini gwe lagi belum bisa tidur nih,daripada Ā bingung mau ngapain lebih baik gw sempatin buat artikel ini, yah sekalian gw mau nepatin janji gw pada artikel sebelumnya,yaitu belajar version control,pada akhir tulisan itu kan gw janji unutk membuat artikel tentang GIT, sekaligusĀ Ā melunasi tugas gw yang disuruh oleh pak bos yang udah ngajarin gw.. hehehehe

ooh iya sebelum mulai sebaiknya baca artikel gw sebelumnya,klik disini.!

mungkin masih pada bingung yah,sebenernnya apasih GIT itu..???

mungkin untuk sebagian pembaca sudah tau,jadi bagi yang udah tau atau para master GIT mohon bimbingannya,kalau ada salah-salah kata dalam pembahasannya mohon maaf yah,šŸ˜€ masih newbie saya, bagi yang belum tau,tenang aja,gw akan coba menjelaskannya.

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Git?Ā Ini adalah bagian penting untuk dipahami, karena jika anda memahami apa itu Git dan cara kerjanya, maka dapat dipastikan anda dapat menggunakan Git secara efektif dengan mudah. Selama mempelajari Git, cobalah untuk melupakan Version Control System(VCS) lain yang mungkin telah anda kenal sebelumnya, misalnya Subversion dan Perforce. Git sangat berbeda dengan sistem-sistem tersebut dalam hal menyimpan dan memperlakukan informasi yang digunakan, walaupun antar-muka penggunanya hampir mirip. Dengan memahami perbedaan tersebut diharapkan dapat membantu anda menghindari kebingungan saat menggunakan Git.

Salah satu perbedaan yang mencolok antar Git dengan VCS lainnya (Subversion dan kawan-kawan) adalah dalam cara Git memperlakukan datanya. Secara konseptual, kebanyakan sistem lain menyimpan informasi sebagai sebuah daftar perubahan berkas. Sistem seperti ini (CVS, Subversion, Bazaar, dan yang lainnya) memperlakukan informasi yang disimpannya sebagai sekumpulan berkas dan perubahan yang terjadi pada berkas-berkas tersebut,Ā sebagaimana yang diperlihatkan pada Gambar dibawah ini.!

Git tidak bekerja seperti ini. Melainkan, Git memperlakukan datanya sebagai sebuah kumpulan snapshot dari sebuah miniatur sistem berkas. Setiap kali anda melakukan commit, atau melakukan perubahan pada proyek Git anda, pada dasarnya Git merekam gambaran keadaan berkas-berkas anda pada saat itu dan menyimpan referensi untuk gambaran tersebut. Agar efisien, jika berkas tidak mengalami perubahan, Git tidak akan menyimpan berkas tersebut melainkan hanya pada file yang sama yang sebelumnya telah disimpan.Ā Git memperlakukan datanya seperti terlihat pada Gambar dibawah ini.

Ini adalah sebuah perbedaan penting antara Git dengan hampir semua VCS lain. Hal ini membuat Git mempertimbangkan kembali hampir setiap aspek dari version control yang oleh kebanyakan sistem lainnya disalin dari generasi sebelumnya. Ini membuat Git lebih seperti sebuah miniatur sistem berkas dengan beberapa tool yang luar biasa ampuh yang dibangun di atasnya, ketimbang sekadar sebuah VCS.

agaknya gw udah mulai ngantuk nih,udahan dulu yah dongeng mengenal GITnya, bersambung dulu sampai disini,nanti bakalan gw lanjutin kok cerita mengenai GITnya.

bye-bye semuanya…

keep smile ^_^

 

 
sumber : http://progit.org/

One thought on “mengenal GIT

    Menginstall Git di Linux « Ilmutambah Blog said:
    September 29, 2011 pukul 9:08 pm

    […] Menginstall Git di Linux Posted on September 29, 2011 by ilmutambah halo semuanya…!!! kali ini gw mau ngasih info tentang cara instalasi GIT dilinux,ini adalah lanjutan dari artikel gw sebelumnya,bagi yang belum tau tentang Git lebih baik baca artikel gw yang sebelumya,yaitu Mengenal GIT. […]

Tinggalkan Balasan

