Ubur-ubur Ruang Angkasa ditemukan Hubble

Posted on


Teleskop Hubble mendapat potret asteroid dan komet aneh berbentuk ubur-ubur. Keanehan gambar itu karena gelombang partikel dekat bintang raksasa saling bertabrakan.

Susunan aneh 30 gambar baru yang diperoleh teleskop luar angkasa Hubble menyingkap sistem planet pada saat terbentuk.

Gumpalan dan titik layaknya noda di angkasa, berada di sekitar Nebula Orion. Setiap obyek diketahui sebagai proplyds atau lingkaran protoplanetary dan bisa membentuk planet-planet pada saat yang bersamaan.

Diantara gambar ada satu yang disebut para astronom sebagai ubur-ubur luar angkasa. Keanehan bentuk satu gambar ini tercipta oleh gelombang mengejutkan yang terbentuk ketika angin partikel-partikel dekat bintang raksasa saling bertabrakan dengan material proplyd.

Nebula Orion dikenal sebagai formasi bintang favorit. Matahari kita bisa saja terbentuk dari densitas kumpulan awan gas dan debu yang hampir sama, sebelum kemudian terlempar dari titiknya.

Dalam sebuah Nebula, fakta bintang yang baru dilahirkan memang terbentuk dari campuran gas dan debu bertabrakan dengan proplyds di sekitar mereka. Pusat dari lingkarannya yang berotasi lalu memanas dan menjadi sebuah bintang baru. Sisa proses tersebut yang berada di sekitar lingkaran menarik debu dan gas lain yang ada sehingga menjadi kumpulan lagi.

Setiap pembentukan sebuah sistem planet mempunyai bentuk dan ciri masing-masing, ada yang menghadap ke atas dan ada pula yang ke bawah. Beberapa mengeluarkan material terbang dengan super cepat.

Dengan mata telanjang di bawah kondisi langit yang gelap, Nebula Orion telah dikenal sejak dahulu kala dan pertama kali diperkenalkan pada awal abad 17 oleh astronom terkenal Nicolas Claude Fabri de Peiresc.

Pada jarak 1500 tahun cahaya adalah jarak waktu terdekat pembentukan formasi area bintang yang termasuk bumi di dalamnya. Koleksi foto yang telah diambil akan membantu para astronom memahami dengan lebih jelas sebuah proses pembentukan formasi bintang dan galaksi.

inilah.com

3 thoughts on “Ubur-ubur Ruang Angkasa ditemukan Hubble

    barajakom said:
    Desember 21, 2009 pukul 1:00 pm

    wah blognya keren ya, berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat barajakom
    ikutan keren, aku numpang keren ya sob, makasi..

    ilmutambah responded:
    Desember 21, 2009 pukul 2:19 pm

    ok sob…
    sama”…..

    7bodys said:
    Oktober 17, 2010 pukul 11:25 pm

    keren boss,.,.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s