Teka-teki Serigala Falkland Terungkap

Posted on


serigalaAsal usul serigala misterius yang dianiaya hingga punah pada akhir abad ke-19 di Kepulauan Falkland mungkin telah terpecahkan.

Sebuah analisis DNA dari empat spesimen mengungkapkan serigala itu datang ke Falklands tidak seperti perkiraan sebelumnya, yang disebut sebagai hewan peliharaan pribumi awal Amerika Selatan.

Binatang itu sudah ada sebelum manusia menghuni benua Amerika.

Studi genetik dari sampel spesimen menguak benang merah moyang mereka, lebih dari 70 ribu tahun yang lalu, tepatnya diakhir zaman es.

“Ini sangat aneh, satu-satunya mamalia yang hidup di pulau adalah seekor canid (keluarga serigala) yang besar. Tidak ada mamalia asli , bahkan seekor tikus,” kata Graham Slater dari Universitas California Los Angeles (UCLA) mengatakan.

Analisis DNA dari makhluk Falklansd yang dilakukannya diterbitkan di jurnal Current Biology.

Studi DNA menemukan bahwa kerabat dekat serigala Kepulauan Falkland adalah Dusicyon australis disebut manusia serigala yang memiliki kaki panjang, dan hidup di daratan Amerika Selatan. Mereka terakhir memiliki nenek moyang yang sama sekitar 6 juta tahun yang lalu, kata Dr Slater.

“Canid tidak muncul dalam catatan fosil Amerika Selatan sampai 2,5 juta tahun yang lalu. Ini berarti garis keturunan tersebut harusnya telah berevolusi di Amerika Utara. Masalahnya adalah tidak ada fosil yang cukup tepat untuk ditetapkan ke dalam garis keturunan serigala Falklands di Amerika Utara,” ujarnya.

Kerabat dekat lain dari serigala Falkland cenderung seekor spesies canid, yang disebut Dusicyon avus. Ia hidup di Patagonia tapi punah sekitar 7.000 tahun yang lalu, kata Dr Slater.

Serigala Falkland punah dengan cepat setelah bangsa Eropa tiba di pulau mulai dari abad ke-17. Serigala terakhir diyakini telah dibunuh pada 1870-an oleh penggembala domba.

inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s