Mafia Spam Nigeria DiTangkap

Posted on Updated on


spamLAGOS – Polisi antikorupsi Nigeria telah menutup sekitar 800 situs dan menangkap 18 sindikat penipu email dalam sebuah aksi untuk menghentikan kejahatan cyber.

“Lebih dari 800  alamat email yang digunakan untuk melakukan aksi penipuan telah diidentifikasi dan dimatikan,” kata Komisi Ekonomi dan Kejahatan Keuangan (EFCC) Farida Waziri.

“Ada 18 penangkapan organisasi kejahatan cyber tingkat tinggi yang terjaring dalam operasi sindikat organisasi kejahatan cyber,” ia menambahkan, seperti yang dilansir melalui AFP, Jumat (23/10/2009).

Dalam sebuah pernyataan EFCC, mereka telah mengadopsi teknologi pintar hasil kerja sama dengan Microsoft, untuk melacak email penipuan. Sebelumnya, polisi menerima keluhan dari masyarakat karena banyaknya laporan kejahatan melalui dunia maya.

Pada Maret polisi Spanyol menangkap 23 orang, yang kebanyakan berasaldari Nigeria, mereka diduga menjalankan aksi spam dan diperkirakan telah menipu lebih dari 150 orang di Amerika Serikat dan Eropa.

Dalam menjalankan aksinya, geng tersebut akan mengirimkan ribuan surat setiap hari untuk calon korban, membuat mereka percaya bahwa mereka memenangkan uang jutaan dolar.

Korban tertipu uang mereka ketika diminta untuk membayar biaya pemrosesan atau menyediakan rincian rekening bank mereka ke mana dana akan ditransfer.

Beberapa penipu juga meng-hack ke akun email pribadi dan mengirim email ke daftar kontak korban dengan isi mengaku terdampar dan meminta uang tunai darurat.

sumber :  http://techno.okezone.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s